Minggu, 29 Maret 2020

Bumi, Matahari, dan Bulan (Gerhana Matahari)

Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. 

Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Saat terjadi gerhana matahari, bayangan Bulan akan menutupi Bumi. Oleh karena Bulan lebih kecil daripada Bumi, hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari. Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin. 
A. Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.


B. Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan.

C. Gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.


Simaklah Video yang berasal Dari Youtube Untuk Mengetahui Lebih banyak tentang Gerhana Matahari ! 😄👍

Lokasi: Gorontalo Gorontalo, Indonesia

2 komentar:

  1. Terima kasih Pak materinya. Oh Ya Pak, saya sering mendengar bahwa ketika gerhana matahari terjadi kita tidak boleh melihat dengan mata telanjang. Kenapa ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melansir dari Australian Radiation Protection and Nuclear Safety Agency, secara normal cahaya matahari memiliki intensitas sangat tinggi dan sangat berbahaya dan sulit dilihat secara langsung oleh mata telanjang.Melihat cahaya matahari yang intens hanya dalam beberapa detik saja bisa menyebabkan kerusakan permanen terhadap retina di belakang bola mata.

      Kondisi ini dikenal dengan istilah retinopati surya dan mampu menyebabkan kerusakan permanen.

      Retina mata tidak sensitif terhadap kerusakan secara langsung dan efeknya tidak akan muncul dalam beberapa jam setelah itu.

      Hapus